-->

Cara Membuat Bump Mapping Mudah di Blender3D

- November 07, 2016
Halo sobat Tuts Nesia , kali ini Tuts Nesia akan memberikan tutorial tentang software blender3d yaitu Cara Membuat Bump Mapping Mudah di Blender3D , nah untuk sekedar pengetahuan sobat Tuts Nesia . Bump Maps adalah salah satu tipe yang sudah lama digunakan dalam textureng 3 dimensi. hal yang harus sobat tahu bahwa bump maps adalah detail yang dibuat pada objek adalah palsu , karena bump maps memanfaatkan trik pencahayaan yang  sederhana pada permukaan model. tidak ada resolusi yang ditambahkan pada objek ketika memakai bump maps.
Bump Maps sendiri lebih cocok di gunakan untuk detail kecil seperti membuat detail kulit manusia. 

Jadi tujuan nya di berikan Bump Mapping ini untuk memberi kesan material pada objek yang kita buat tidak terlihat flat atau rata , dengan menggunakan bump mapping material objek seperti kulit manusia akan lebih nampak nyata , karena trik pencahayaan seperti bagamana Tuts Nesia sudah jelaskan di atas. Selain Bump Maps masih ada lagi jenis yang mirip yaitu : Normal Maps dan Diplacement Maps, nah untuk kedua hal tersebut akan Tuts Nesia berikan di tutorial di kesempatan yang lain. Tutorial ini sangat mudah untuk kalian yang sedang memulai belajar Bump Mapping sederhana , oke langsung saja ke tutorial nya ! 


Cara Membuat Bump Mapping Mudah di Blender3D

1. Buka blender 
Seperti biasa akan ada kotak di awal tampilan blender singkirkan saja , tekan X lalu delete 
kali ini kita hanya menggunakan blender render saja untuk yang cycles jika sempat di tutorial yang lain 

2. Add plane 
SHIFT+A untuk menambahkan plane , plane ini akan Tuts Nesia jadikan sebagai contoh yang akan di bump mapping , jika kalian punya model lain silahkan coba. 

3. Tambahkan material
Kita tambahkan material suapaya bisa menambahkan texture jika sudah lanjut ke cara selanjutnya 


4. Tambahkan texture 
Pastikan klik ikon material yang ada di tengah untuk menambahkan texture pada material , lalu klik tombol new maka akan tampil texture nya , kali ini Tuts Nesia hanya menggunakan texture default saja untuk memberikan contoh 

5. Tekan F12 untuk merender 
Setelah di render lihat plane yang kita buat nampak flat atau rata , tekan Esc untuk kembali ke 3d view 
6. Tambahkan Efek Bump Maps
untuk menambah kan efek bump maps , masuk lagi ke tab texure dan scroll ke bawah cari tulisan Geometry lalu centang Normal , untuk mengubah seberapa tinggi bump maps tarik ke kanan untuk menambahkan begitupun sebalik nya  .

7. Render sekali lagi 
Coba kalian render sekali lagi maka akan terlihat jauh lebih baik dari yang sebelum nya bukan ? 

Untuk mengganti texture menjadi gambar yang kalian inginkan tinggal ubah texture cloud tadi menjadi Image Or Movie lalu scroll kebawah dan open texture yang sudah kalian siapkan
 
 Nah ini adalah untuk contoh yang sudah Tuts Nesia buat 

sekian tutorial Cara Membuat Bump Mapping Mudah di Blender3D atau Cara Membuat Bump Maps Mudah di Blender3D
Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan saja tanya lewat kolom komentar di bawah ini 
Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search